Pilkada Serentak: KPU Usulkan Penyediaan Alat Coblos Kertas Suara Sekali Pakai PDF Print E-mail
28 Mei 2020 - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Arief Budiman mengatakan, pihaknya mengusulkan pengadaan alat pencoblosan kertas suara sekali pakai untuk Pilkada Serentak 2020. 
Arief mengatakan, pengadaan alat coblos itu akan dimasukkan dalam revisi anggaran KPU yang akan dibahas dengan Komisi II DPR.

"Revisi anggaran kami belum mencantumkan dua hal, yaitu alat coblos sekali pakai karena pilkada kita beda dengan negara lain. Kita masih gunakan paku, tapi jangan samai paku digunakan beberpaka kali. Kami usulkan alat coblos sekali pakai," kata Arief dalam diskusi bertajuk Antara Pandemi dan Pilkada, Harus Bagaimana? yang digelar secara virtual, Kamis (28/5/2020).

Arief mengatakan, alat coblos sekali pakai itu nanti terbuat dari kayu sehingga terjadi penambahan anggaran logistik. "Ukurannya berapa kami sudah hitung, tapi produsennya belum ya, tapi lubangnya (alat pencoblosan) seperti sumpit. Ini kan menambah biaya," ujar dia. Arief menambahkan, KPU juga akan mengusulkan agar saat pemilihan tidak lagi menggunakan botol tinta seperti yang selama ini biasa digunakan. KPU mengusulkan tinta semprot agar tidak terjadi penularan virus pada pemilih. "Kemudian spray, disemprot ke jari pemilih, ini bisa lebih mahal. Beberapa berpikir lain dipakai dengan cotton bud ke jarinya, tapi kita mengarah ke sprat," ujar dia.
(Sumber: kompas.com)
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Prev   Next >
 
Advertisement

Follow Us