Presiden Rencanakan Konsultasi, Bawaslu Ajak PPATK Verifikasi Rekening Kandidat PDF Print E-mail
27 Agustus 2015 - Presiden Joko Widodo akan mengundang pimpinan lembaga negara untuk membahas kembali upaya menyelamatkan sejumlah pemilihan kepala daerah yang terancam tertunda. Presiden juga akan meminta masukan dari penyelenggara pemilu.

"Dalam waktu dekat, Presiden akan berkonsultasi kembali dengan lembaga-lembaga negara untuk mengambil jalan keluar yang bisa diterima oleh semuanya sebab dalam demokrasi kedaulatan itu tidak boleh dinafikan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Rabu (26/8), di Istana Negara, Jakarta.

Dari 269 daerah yang direncanakan menggelar pilkada serentak pada 2015, menurut Pramono, ada enam daerah yang hanya memiliki calon tunggal sehingga pilkada daerah itu terancam ditunda. Keenam daerah itu adalah Blitar, Tasikmalaya, Timor Tengah Utara, Kutai Kartanegara, Denpasar, dan Mataram. Di luar itu, masih ada dua daerah yang berpotensi hanya ada satu pasangan calon.

Jika pilkada keenam daerah itu ditunda hingga 2017, pemerintah perlu menunjuk penjabat kepala daerah. Namun, berdasarkan ketentuan perundang-undangan, keberadaan penjabat itu tidak memiliki kewenangan penuh dalam penganggaran daerah. Kondisi itu dikhawatirkan akan mengganggu pemerintahan.

"Apakah yang seperti ini (rakyat) akan dikorbankan? Ini yang menjadi pemikiran pemerintah untuk mengkaji kembali," kata Pramono.

Daerah

Di Denpasar, Bali, koalisi partai politik di Kota Denpasar sedang menyiapkan pasangan calon untuk didaftarkan ke KPU Kota Denpasar. KPU Kota Denpasar menunda tahapan pencalonan dalam Pilkada Kota Denpasar 2015 selama tiga hari sejak Selasa (25/8).

Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta mengatakan, Partai Demokrat yang bergabung dalam Koalisi Bali Mandara bersama Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera tengah membahas pasangan calon yang akan didaftarkan sebagai peserta pilkada. Menurut Mudarta, koalisi parpol itu mengantongi nama yang akan diusung sebagai pasangan calon untuk Pilkada Kota Denpasar 2015.

Sebelumnya, Koalisi Bali Mandara mengusung pasangan I Ketut Suwandi-Made Arjaya. Dari hasil verifikasi persyaratan administrasi pasangan calon, KPU Kota Denpasar memutuskan Suwandi tidak memenuhi syarat.

Dua kubu pasangan bakal calon di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang dinyatakan tidak memenuhi syarat berencana melayangkan gugatan. KPU Kutai Kartanegara menyatakan, jika gugatan mereka menang, pasangan itu bisa kembali masuk bursa pencalonan.

Dua pasangan bakal calon di Kutai Kartanegara dinyatakan tidak memenuhi syarat, yakni Idham Khalid-Abdul Kadir dan Awang Wahyu-Andi Katanto. Hanya satu pasangan yang memenuhi syarat, yakni Rita Widyasari-Edi Damansyah, dari jalur perseorangan.

Idham-Kadir terganjal keabsahan persetujuan dari partai pengusung, yakni Golkar. DPP Golkar versi Agung Laksono merekomendasikan pasangan lain, yakni Awang Yaqub-Musyahrim. Adapun Idham-Kadir direkomendasikan oleh DPP Golkar kubu Aburizal Bakrie.

Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti di Batam, Kepulauan Riau, menuturkan, daerah dengan dua pasangan calon kepala daerah perlu diwaspadai. Potensi gesekan antarpendukung calon lebih tinggi. "Seperti pemilihan gubernur Kepri, hanya ada dua pasangan calon," ujarnya.

Waspadai Politik Uang

Masa kampanye pemilihan kepala daerah serentak resmi dimulai Kamis (27/8) hingga 5 Desember mendatang. Badan Pengawas Pemilihan Umum kini mewaspadai potensi baru politik uang setelah sebagian biaya kampanye didanai oleh negara melalui KPU daerah.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, KPU di daerah mendanai penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, iklan di media cetak dan elektronik, serta debat publik terbuka antarkandidat.

"Fasilitasi aktivitas kampanye dalam bentuk sarana oleh KPU kepada peserta pilkada dengan sumber anggarannya dari APBD berpotensi membuat persediaan anggaran peserta bisa disalahgunakan," kata komisioner Bawaslu, Nasrullah.

Bawaslu akan bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memverifikasi rekening kandidat atau orang dekatnya. (Sumber: Kompas)

Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Prev   Next >
 
Advertisement

Follow Us