Hari Ini, Surat PAN Diserahkan, PKB Dukung Rasiyo-Dhimam di Surabaya PDF Print E-mail
19 Agustus 2015 - Surat rekomendasi dari Partai Amanat Nasional untuk pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid, akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Surabaya Rabu ini. Surat itu sebelumnya sengaja disimpan PAN.

"Surat rekomendasinya ada, sengaja disembunyikan. Suratnya ada yang menyimpan karena kalau tidak disimpan, (khawatir) bisa digagalkan," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta, Selasa (18/8).

PAN yang berkoalisi dengan Partai Demokrat mengusung Rasiyo-Dhimam dalam Pilkada Kota Surabaya. Namun, ketika pasangan itu didaftarkan ke KPU Kota Surabaya, 11 Agustus, belum ada surat rekomendasi yang asli dari PAN. Saat itu, yang ditunjukkan ke KPU Surabaya hanya surat rekomendasi dari PAN dalam bentuk surat elektronik. Surat itu dilampirkan dalam bentuk scan foto.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Suparno menyatakan, sudah menandatangani surat rekomendasi itu pada 10 Agustus. Dia juga mengatakan, surat itu sudah diambil salah seorang pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur. Namun, Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik DPW PAN Jatim Firda S Badri menuturkan, surat itu masih di kantor DPP PAN di Jakarta (Kompas, 15/8).

Zulkifli menjelaskan, surat rekomendasi itu sengaja disimpan karena kompetisi dalam Pilkada Surabaya relatif keras. "Yang sudah dicalonkan saja ada yang digagalkan kan?" ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jatim Suyoto menambahkan, surat rekomendasi itu akan diserahkan ke KPU Surabaya Rabu ini.

Munculnya pasangan Rasiyo-Dhimam membuat Pilkada Surabaya tidak diundur pada 2017 karena ada dua pasangan yang bertarung. Pasangan lain adalah petahana Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana yang diusung PDI-P.

Saat perpanjangan pendaftaran tahap I, yaitu 1-3 Agustus, sebenarnya ada satu pasangan yang siap mendaftar, yaitu Dhimam Abror Djuraid-Haries Purwoko. Namun, saat pendaftaran Haries tiba-tiba menghilang hingga pasangan yang menurut rencana diusung Demokrat dan PAN itu gagal mendaftar.

Persiapan

Rasiyo-Dhimam mulai menyusun dukungan untuk mengikuti Pilkada Surabaya. "Saya sudah menemui banyak pihak, sambutannya baik," katanya.

Partai Kebangkitan Bangsa kini juga berencana mendukung pasangan Rasiyo-Dhimam. Sebelumnya PKB merekomendasikan mengusung kadernya, yaitu Ketua DPC PKB Kota Surabaya Syamsul Arifin. Namun, tidak ada partai lain yang mau diajak berkoalisi sehingga rencana pencalonan itu gagal.

"Secara prinsip kami mendukung (Rasiyo-Dhimam). Persoalan administratif akan segera diurus," kata Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar.

Perusakan

Sementara itu, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur memeriksa enam saksi terkait perusakan kantor KPU Manggarai Barat pada 28 Juni lalu.

Kepala Bidang Humas Polda NTT Ajun Komisaris Besar Ronalzie Agus mengatakan, belum ada tersangka dalam kasus itu. "Penyidik masih mengusut otak di balik perusakan kantor KPU itu. Mesti ada yang menjadi tersangka karena perusakan sarana dan fasilitas negara melanggar undang-undang," paparnya.

Perusakan itu terjadi karena KPU Manggarai Barat diduga menolak pendaftaran pasangan Fidelis Pranda-Benyamin Padju. Pasangan ini didukung PKB dengan tiga kursi di parlemen dan PKPI dengan dua kursi sehingga tidak memenuhi syarat minimal dukungan, yaitu enam kursi di DPRD Manggarai Barat.

Ketua DPW PKB NTT Yucun Lepa mengatakan, partainya menarik dukungan dari pasangan Fidelis Pranda-Benyamin Padju karena PKB dan PKPI tidak cukup mengantar pasangan itu jadi calon bupati dan wakil bupati. PKB bersama Partai Demokrat yang memiliki tiga kursi di DPRD Manggarai Barat, selanjutnya mendukung pasangan calon Thobias Wanus-Frans Sukmanian.

Juru bicara KPUD NTT, Yosafat Koli, mengatakan, mereka yang akan bertarung dalam Pilkada Manggarai Barat, Desember 2015, adalah Maksi Gasa-Abdul Muis (Gerindra, PKS, PBB), Ch Dulla-Maria Geong (PDI-P, PKPI, Nasdem, PAN), Matheus Hamsi-Paul Baut (Golkar dan PPP), serta Thobias Wanus- Frans Sukmanian (PKB dan Demokrat). (Sumber: Kompas)
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Prev   Next >
 
Advertisement

Follow Us