Pemerintahan: Presiden Rencanakan Rombak Kabinet PDF Print E-mail
12 Agustus 2015 - Presiden Joko Widodo, Rabu (12/8) siang ini, dikabarkan akan merombak kabinet dan langsung melantik mereka di Istana Negara, Jakarta. Sejumlah menteri yang akan diganti meliputi menteri koordinator, menteri, dan seorang pejabat setingkat menteri.

Di Istana Kepresidenan, Selasa malam, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu empat mata. Pertemuan berlangsung sejak pukul 18.30 hingga 20.20. Hingga pukul 21.00 belum ada keterangan resmi terkait pergantian menteri itu.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang ditunggu pers di halaman belakang Istana Negara tak kunjung keluar. Ketika ditelepon dan dikirimi layanan pesan singkat, Pratikno juga tak mengangkat dan menjawab.

Wapres Kalla yang dikonfirmasi membenarkan adanya pertemuan empat mata bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka. "Reshuffle kabinet? Ha-ha-ha... tunggulah besok," ujar Kalla tanpa merinci keterangannya terkait pergantian kabinet yang isunya sudah merebak sejak tiga bulan lalu.

Ditanya jumlah dan menteri apa saja yang akan diganti, Kalla hanya menjawab, "Seperti yang diulas media."

Disinggung bahwa Wapres pernah mengatakan hanya tiga-empat menteri yang akan diganti, Kalla menjawab, "Tidak, tidak."

Kalla juga hanya menjawab singkat saat didesak mengapa pergantian kabinet terkesan mendadak. "Kan, saya sudah pernah bilang, tunggu saja setelah Lebaran," ujarnya.

Sementara terkait agenda yang dibahas bersama Presiden Jokowi kemarin, Kalla mengatakan, hal itu antara lain soal pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-70 RI dan pidato pengantar RAPBN 2016 beserta nota keuangannya. Selain itu, dibahas juga tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak dengan menunda pilkada di empat kabupaten sesuai keputusan Komisi Pemilihan Umum. Penundaan ini setelah batas akhir perpanjangan pendaftaran usai. Hal lain yang dibahas adalah soal kelangkaan daging sapi.

Sebelumnya, seorang pejabat di lingkungan Istana keceplosan memberikan informasi bahwa Presiden Jokowi akan kembali ke Jakarta dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, setelah memperingati Hari Anak Nasional dan diwawancarai sejumlah media. "Presiden khusus akan bertemu Wapres setelah shalat Maghrib. Setelah itu, Presiden akan beristirahat," katanya.

Menteri Datang Bergantian

Dari pemantauan di Istana, sejumlah menteri datang bergantian setelah Jokowi-Kalla bertemu sekitar setengah jam atau sekitar pukul 19.00. Pratikno dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto datang paling awal menuju kompleks Istana Kepresidenan menggunakan mobil golf.

Menyusul kemudian mobil dinas menteri, di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

Tedjo kemudian keluar lebih dulu tanpa mau menjawab pertanyaan dari pers. Andi juga keluar dan hanya menjelaskan sedikit soal analisa terkait pilkada. Demikian pula Andrinof, tak mau bicara. Sementara Rachmat sedikit bicara soal kelangkaan daging tanpa menyinggung perombakan kabinet.

Terkait reshuffle, hanya Sofyan yang memberikan jawaban normatif. "Buat saya, pengangkatan saya sebagai menko jelas sebuah kehormatan. Tetapi, apakah saya diganti atau tidak, itu terserah Presiden, haknya Presiden," ujarnya. (Sumber: Kompas)
Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Prev   Next >
 
Advertisement

Follow Us