Inkonsistensi Perampingan Partai PDF Print E-mail
Oleh : Eep Saefulloh Fatah
 
Undang-undang Pemilihan Presiden (2008) sudah disahkan. Salah satu isinya yang mengundang kontroversi ramai adalah syarat pengajuan pasangan kandidat Presiden dan Wakil Presiden. Partai atau gabungan partai hanya bisa mengajukan pasangan kandidat manakala memiliki 20% kursi DPR atau 25% suara syah secara nasional. Ini merupakan lonjakan dramatis dari syarat dalam UU Pemilihan Presiden (2003) yang “Aturan Peralihan”-nya hanya mensyaratkan 3% kursi DPR atau 5% suara syah nasional.
 
 
Dosa Besar Pemilu 2009 PDF Print E-mail
Oleh : Eep Saefulloh Fatah
 
Saya tak tahu persis berapa jumlah mereka. Mungkin puluhan atau ratusan ribu. Bahkan, bisa saja jutaan. Mereka memegang kartu tanda penduduk dan terdaftar secara sah sebagai penduduk di tempatnya berdomisili. Namun, mereka kehilangan hak memilih karena namanya tak tertera dalam daftar pemilih tetap (DPT).
 
 
Drama Cikeas dan Sandera Getok Tular PDF Print E-mail

Oleh : Eep Saefulloh Fatah

Sungguh tak mudah menjadi Susilo Bambang Yudhoyono. Partai Demokrat yang dipimpinnya berhasil 20,85 persen suara dalam Pemilu Legislatif. Ia lalu terpilih secara meyakinkan sebagai Presiden dengan mengantongi 60,8 persen dukungan pemilih. Tapi, ketika membentuk kabinet mau tak mau harus mengakomodasi kepentingan empar partai lain penyokong pencalonannya yang sesungguhnya secara bersama-sama “hanya” meraih 24.15 persen suara dalam Pemilu Legislatif.

 
Sejarah, Penanda dan Anda PDF Print E-mail

Oleh : Eep Saefulloh Fatah

Setiap sejarah besar dibentuk oleh hari-hari yang biasa. Nyaris setiap peradaban besar adalah hasil kesabaran panjang, hanya sesekali saja ada interupsi revolusi. Setiap bangsa besar dibangun oleh tetesan keringat, darah dan air mata tiap orang yang namanya tak pernah diukir sebagai pahlawan dan jasadnya tak dikubur mentereng di taman-taman pemakaman.

 
<< Start < Prev 871 872 873 Next > End >>

Results 6977 - 6980 of 6980
 
Advertisement

Follow Us